NEW TEMPLATE

(Mode Perbaikan / Mode Maintenance)


o  Apa yang dilakukan Sistem Operasi?
o  Organisasi Sistem Komputer
o  Arsitektur Sistem Komputer
o  Struktur Sistem Operasi
o  Operasi Sistem Operasi
o  Manajemen Proses
o  Manajemen Memori
o  Manajemen Penyimpanan
o  Proteksi dan Keamanan



·  Apa itu Sistem Operasi dan apa yang dilakukan Sistem Operasi?
o   Suatu program yang bertindak sebagai perantara antara pengguna komputer/user dan perangkat keras komputer/hardware.
o   Yang di lakukan dari Sistem operasi:
·            Menjalankan sebuah program pengguna dan membuat pengguna lebih mudah memecahkan suatu masalah.
·            Membuat sistem komputer nyaman untuk digunakan oleh pengguna.
·            Startup/Memulai Komputer
1.              BIOS salah satu program sistem bootstrap yang disimpan dalam ROM/EPROM dan menginisialisasi aspek dari sistem komputer
2.              Setelah itu diteruskan ke bootstrap loader/boot loader dari sistem operasi, seperti GRUB, LILO, (Jika di Linux) atau NTLDR (Jika di windows)
o  Organisasi Sistem Komputer
·                 Operasi sistem komputer:
§ Satu atau lebih CPU dan device controller (pengendali peranti) terhubung melalui jalur (bus) umum menyediakan akses ke memori berbagi-pakai
§ Eksekusi bersamaan dari CPU dan peranti, bersaing untuk siklus memori





o  Struktur Sistem Operasi
Sistem komputer dapat dibagi menjadi empat komponen :

Ø  Hardware - menyediakan sumber daya komputasi dasar
Ø CPU, memori, I / O device
Ø  Sistem Operasi
Ø Mengkontrol dan mengkoordinasikan penggunaan hardware diantara berbagai aplikasi dan pengguna
Ø  Software/Program Aplikasi - menentukan cara bagaimana sumber daya sistem digunakan untuk memecahkan masalah komputasi dari pengguna
Ø Word prosesor, compiler, browser web, sistem database, video game
Ø  Pengguna
Ø Manusia, mesin, & komputer lain



Empat Komponen Sistem Komputer





Operasi SistemKomputer
·           Peranti I/O dan CPU dapat dieksekusi secara bersamaan.
·           Setiap device controller bertanggung jawab atas suatu jenis peranti tertentu.
·           Setiap device controller memiliki buffer lokal.
·           CPU memindahkan data dari / ke memori utama ke / dari buffer lokal
·           I/O adalah yang berpindah dari peranti ke buffer lokal controller.
·           Device controller memberitahu CPU bahwa ia telah selesai operasi dengan menyebabkan interrupt.



Fungsi umum interrupt
·           Interrupt mentransfer kontrol ke interrupt service routine, melalui interrupt vector, yang berisi alamat dari semua rutinitas pelayanan.
·           Arsitektur interrupt harus menyimpan alamat dari instruksi yang diinterupsi.
·           Interupsi masuk dinonaktifkan (disabled) sementara interrupt yang lain sedang diproses untuk mencegah lost interrupt.
·           Trap (perangkap) adalah interrupt yang dihasilkan oleh perangkat lunak yang disebabkan oleh kesalahan atau permintaan pengguna.
·           Sistem operasi adalah interrupt driven (dikendalikan oleh interrupt).



Penanganan Interrupt
·           Sistem operasi menjaga keadaan CPU dengan menyimpan register dan program counter.
·           Menentukan jenis interrupt telah terjadi saat:
§  polling
§  vektor interrupt sistem
·           Segmen terpisah dari kode menentukan tindakan apa yang harus diambil untuk setiap jenis interrupt



Interrupt Timeline




Struktur I / O
·            Setelah I/O dimulai, kendali kembali ke user program hanya pada I / O selesai.
§  Menunggu instruksi luang CPU hingga interrupt berikutnya § Menunggu loop (pembuatan untuk akses memori).
§  Paling banyak satu permintaan terhadap I/O yang beredar pada suatu waktu, tidak ada pemrosesan I/O secara bersamaan.
·            Setelah I/O dimulai, kendali kembali ke user program tanpa menunggu I/O selesai.
§  System call - request ke sistem operasi untuk mengizinkan pengguna untuk menunggu I/O selesai.
§  Device-status table berisi entri untuk setiap peranti I/O, menentukanI tipe, alamat, dan keadaannya.
§  Sistem operasi mengindeks I/O device table untuk menentukan status peranti dan untuk memodifikasi tabel entry untuk memasukkan interrupt.



Dua Metode I/O






Device-Status Table





Struktur Direct Memory Access(DMA)

·           Digunakan untuk peranti I/O berkecepatan tinggi untuk dapat mengirimkan informasi mendekati kecepatan memori.
·           Device controller memindahkan blok data dari buffer langsung ke memori utama tanpa intervensi CPU.
·           Hanya satu interrupt dibangkitkan per blok, daripada satu interrupt per byte.



Struktur Penyimpanan
·           Main memory - hanya media penyimpanan besar yang mana CPU dapat mengakses langsung.
·           Secondary storage - perpanjangan dari memori utama yang menyediakan kapasitas penyimpanan nonvolatile besar.
·           Magnetic disk – logam kaku atau piringan ( platter) kaca ditutupi dengan bahan magnetic recording
§  Permukaan disk secara logis dibagi menjadi track, yang dibagi lagi menjadi sector.
§  Disk controller menentukan interaksi logis antara peranti dan komputer.



HirarkiPenyimpanan
·           Sistem penyimpanan, diorganisasikan dalam hirarki.
§  Kecepatan
§  Biaya
§  Volatilitas
·           Caching - menyalin informasi ke dalam sistem penyimpanan cepat; memori utama dapat dilihat sebagai cache terakhir untuk penyimpanan sekunder.



HIRARKI PERANTI PENYIMPANAN



Caching
·           Prinsip penting, dilakukan di berbagai tingkatan di komputer (di hardware, sistem operasi, perangkat lunak)
·           Informasi yang digunakan disalin sementara dari penyimpanan lebih lambat untuk penyimpanan lebih cepat
·           Penyimpanan cepat (cache) diperiksa terlebih dahulu untuk menentukan apakah informasi itu ada atau tidak
§  Jika ada, informasi yang digunakan langsung dari cache ( cepat )
§  Jika tidak, data yang disalin ke cache dan digunakan di sana
·           Cache yang lebih kecil dari penyimpanan sedang dicache
Tingkat Kinerja Berbagai Penyimpanan v Pergerakan antara tingkat hirarki penyimpanan dapat eksplisit atau implisit



Migrasi Integer A dari Disk ke Register

·              Lingkungan Multitasking harus diperhatikan untuk menggunakan nilai terakhir, di mana pun disimpan dalam hirarki penyimpanan
Lingkungan Multiprocessor harus memberikan koherensi cache pada perangkat keras sehingga semua CPU memiliki nilai yang paling terbaru dalam cache mereka
·              Lingkungan Terdistribusi (Distributed) lebih kompleks
§    Beberapa salinan dari data yang dapat eksis
§    Berbagai solusi yang dibahas dalam Bab 17



Struktur Sistem Operasi
·              Multiprogramming diperlukan untuk efisiensi
§    Single user tidak dapat menjaga CPU dan perangkat I/O sibuk setiap saat
§    Multiprogramming mengatur job (kode dan data) sehingga selalu memiliki satu CPU untuk mengeksekusi
§    Suatu bagian dari total job dalam sistem disimpan dalam memori
§    Satu job dipilih dan dijalankan melalui job scheduling
§    Ketika harus menunggu (untuk I / O misalnya), OS beralih ke job lain
·              Timesharing (multitasking) adalah perluasan logis di mana CPU memindah job begitu sering sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan setiap pekerjaan walau sedang berjalan, membuat komputasi yang interaktif
§    Waktu respon harus <1 detik
§    Tiap user punyapaling sedikit 1 program dieksekusidlmmemori àproses
§    Jika beberapa job siap untuk dijalankan pada saat yang sama àjob scheduling
§    Jika proses tidak cukupdi memori,swapping bergerak masuk dan keluar untuk dijalankan
§    Virtual memory memungkinkan eksekusi proses yang tidak masuksepenuhnya dalammemori

Memory Layout untuk Sistem Multiprogram





OperasiSistemOperasi
·            Interrupt dikendalikan oleh perangkat keras
·            Kesalahan atau permintaan perangkat lunak membuat exception atau trap
§  Contoh: pembagian dengan nol, permintaan untuk layanan sistem operasi
·            Permasalahan proses lainnya termasuk infinite loop, proses memodifikasi satu sama lain atau sistem operasi
·            Operasi Dual-mode memungkinkan OS untuk melindungi diri dan komponen sistem lainnya
§  User mode dan kernel mode
§  Mode bit yang disediakan oleh perangkat keras
      Menyediakan kemampuan untuk membedakan ketika sistem sedang menjalankan kode pengguna atau kode kernel
      Beberapa instuksi didesain sebagai privileged (istimewa), hanya dieksekusi dalam mode kernel
      Sistem call memgubah mode untuk kernel kembali dari call mereset



Transisi dari Mode User keKernel

·            Timer untuk mencegah infinite loop/proses memonopoli sumber daya
§  Mengeset interrupt tertentu setelah periode tertentu
§  Sistem operasi mengurangi (decrement) counter
§  Ketika nol counter menghasilkan interrupt
§  Mengatur penjadwalan sebelum proses untuk mendapatkan kontrol atau menghentikan program yang melebihi waktu yang ditentukan









Manajemen Proses
·            Proses adalah program sedang dieksekusi. Merupakan unit kerja dalam sistem. Program merupakan sebuah entitas pasif, proses adalah suatu entitas aktif.
·            Proses membutuhkan sumber daya untuk menyelesaikan tugasnya
§  CPU, memori, I/O, file
§  Inisialisasi data
·            Terminasi proses membutuhkan pengembalian setiap sumber daya yang dapat digunakan ulang
·            Proses Single-threaded memiliki satu program counter menetapkan lokasi instruksi berikutnya untuk eksekusi
§  Proses mengeksekusi instruksi secara berurutan, satu per satu, sampai selesai
·            Proses Multi-threaded memiliki satu program counter per thread
·            Biasanya sistem memiliki banyak proses, pengguna, beberapa sistem operasi berjalan secara bersamaan pada satu atau lebih CPU
§  Konkurensi oleh multiplexing CPU diantara proses / thread



Manajemen Memori
·           Semua data dalam memori sebelum dan sesudah pengolahan
·           Semua instruksi dalam memori untuk eksekusi
·           Memori manajemen menentukan apa yang ada di memori saat
§  Mengoptimalkan utilisasi CPU dan respon komputer untuk pengguna
·           Memori manajemen kegiatan
§  Mencatat bagian mana dari memori yang sedang digunakan dan oleh siapa
§  Memutuskan proses mana (atau bagiannya) dan data untuk masuk dan keluar dari memori
§  Mengalokasikan dan dealokasi ruang memori yang di   l k



Manajemen Penyimpanan

·             OS menyediakan keseragaman, pandangan logis dari penyimpanan informasi
§   Abstraksi sifat-sifat fisik ke unit penyimpanan logis - file
§   Setiap media dikendalikan oleh peranti ( misalnya, disk drive, tape drive )
     Properti bervariasi seperti kecepatan akses, kapasitas,kecepatan transfer data, metode akses (sequential atau random)
·             Manajemen Sistem Berkas ( File-Sistem )
§   File biasanya diatur ke dalam direktori
§   Kontrol akses (Access Control) pada kebanyakan sistem untuk menentukan siapa yang dapat mengakses apa
§   Aktivitas OS meliputi
     Membuat dan menghapus file dan direktori
     Primitif untuk memanipulasi file dan dirs
     Pemetaan file ke secondary storage
     Backup file ke media penyimpanan stabil (non-volatile)

Manajemen Penyimpanan massal
·             Biasanya disk digunakan untuk menyimpan data yang tidak cukup di memori utama atau data yang harus disimpan untuk periode waktu lama
·             Manajemen yang tepat adalah sangat penting
·             Semua kecepatan operasi komputer di subsistem disk dan algoritma
·             Aktivitas OS
§   Manajemen free space
§   Alokasi penyimpanan
§   Penjadwalan disk
·             Beberapa penyimpanan tidak perlu cepat
§   penyimpanan tersier meliputi penyimpanan optik, pita magnetik
§   Tetap harus dikelola
§   Bervariasi antara WORM (write-sekali, read-banyak-kali) dan RW (bacatulis)


Subsistem I/O
·             Salah satu tujuan OS adalah untuk menyembunyikan kerumitan perangkat keras dari pengguna
·             subsistem I/O bertanggung jawab atas
§   Manajemen memori I/O termasuk buffering (menyimpan data sementara ketika sedang ditransfer), caching (bagian menyimpan data dalam penyimpanan lebih cepat untuk kinerja), spooling (tumpang tindih output dari satu pekerjaan dengan input dari pekerjaan lain)
§   Antarmuka driver-perangkat yang umum
§   Driver untuk perangkat keras tertentu




Proteksi & Keamanan
·             Proteksi - mekanisme untuk mengontrol akses dari proses atau pengguna ke sumber daya yang didefinisikan oleh OS
·             Keamanan - sistem pertahanan terhadap serangan internal dan eksternal
§   Jangkauan besar, termasuk denial-of-service (DOS), worm, virus, pencurian identitas, pencurian layanan
·             Sistem umumnya pertama kali membedakan pengguna, untuk menentukan siapa yang dapat melakukan apa
§   Identitas pengguna (user ID, security ID n) termasuk nama dan nomor tertentu yang berasosiasi, satu per pengguna
§   User ID kemudian dikaitkan dengan semua file, proses pengguna tersebut untuk menentukan kontrol akses
§   Identifier Group (group ID) memungkinkan kumpulan pengguna untuk didefinisikan dan kontrol yang dikelola, kemudian juga mengaitkan dengan tiap proses, file
§   Privilege escalation (perluasan hak istimewa) memungkinkan pengguna untuk mengubah ID efektif dengan hak-hak lebih



Lingkungan Komputasi

v Komputer tradisional
§  Menjadi kabur seiring waktu
§  Lingkungan Kantor
     PC terhubung ke jaringan, terminal melekat pada mainframe atau minikomputer menyediakan batch dan timesharing
     Portal sekarang memungkinkan sistem jarak jauh dan jaringan mengakses sumber daya yang sama
§  Jaringan rumah
     Dulunya sistem tunggal kemudian modem
     Sekarang firewall, jaringan



Lingkungan Komputasi (lanj.)

·            Komputasi Client-Server
§  Terminal dungu digantikan PC cerdas
§  Banyak sistem sekarang berupa server, merespon request yang diberikan oleh client
     Compute-server menyediakan antarmuka ke klien untuk meminta layanan (misal database, web)
     File-server menyediakan antarmuka ke klien untuk



KomputasiPeer-to-Peer
·            Model lain dari sistem terdistribusi
·            P2P tidak membedakan klien dan server
§  Sebaliknya semua node dianggap peer (rekan)
§  Masing-masing dapat bertindak sebagai klien, server atau keduanya
§  Node harus bergabung dengan jaringan P2P
     Meregistrasi layanan dengan pusat layanan pencarian pada jaringan, atau
     Mem-broadcast permintaan untuk layanan dan menanggapi permintaan untuk layanan melalui protokol penemuan
§  Contohnya termasuk Napster dan Gnutella sekarang Torrent



KomputasiWeb
·            Web telah menjadi ubiquitous (dimana-mana)
·            PCs menjadi perangkat yang lazim
·            Berbagai perangkat tergabung dalam jaringan memungkinkan akses web
·            Kategori baru peranti untuk mengatur lalu lintas web diantara server yang mirip: load balancer
·            Penggunaan sistem operasi seperti Windows 95, clientside, telah berevolusi ke Linux dan Windows XP, yang dapat menjadi klien dan server


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top