o Apa yang dilakukan Sistem Operasi?
o Organisasi Sistem Komputer
o Arsitektur Sistem Komputer
o Struktur Sistem Operasi
o Operasi Sistem Operasi
o Manajemen Proses
o Manajemen Memori
o Manajemen Penyimpanan
o Proteksi dan Keamanan
· Apa
itu Sistem Operasi dan apa yang dilakukan Sistem Operasi?
o
Suatu
program yang bertindak sebagai perantara antara pengguna komputer/user dan
perangkat keras komputer/hardware.
o
Yang
di lakukan dari Sistem operasi:
·
Menjalankan
sebuah program pengguna dan membuat pengguna lebih mudah memecahkan suatu
masalah.
·
Membuat
sistem komputer nyaman untuk digunakan oleh pengguna.
·
Startup/Memulai Komputer
1.
BIOS salah satu program sistem bootstrap yang
disimpan dalam ROM/EPROM dan menginisialisasi aspek dari sistem komputer
2.
Setelah itu diteruskan ke
bootstrap loader/boot loader dari sistem operasi, seperti GRUB, LILO, (Jika di
Linux) atau NTLDR (Jika di windows)
o Organisasi Sistem Komputer
·
Operasi
sistem komputer:
§
Satu
atau lebih CPU dan device controller (pengendali
peranti) terhubung melalui jalur (bus) umum menyediakan akses ke memori
berbagi-pakai
§
Eksekusi
bersamaan dari CPU dan peranti, bersaing untuk siklus memori
o Struktur Sistem
Operasi
Sistem
komputer dapat dibagi menjadi empat komponen :
Ø
Hardware - menyediakan sumber daya komputasi dasar
Ø
CPU,
memori, I / O device
Ø
Sistem Operasi
Ø
Mengkontrol
dan mengkoordinasikan penggunaan hardware diantara berbagai aplikasi dan
pengguna
Ø
Software/Program Aplikasi - menentukan cara bagaimana sumber daya sistem
digunakan untuk memecahkan masalah komputasi dari pengguna
Ø
Word
prosesor, compiler, browser web, sistem database, video game
Ø
Pengguna
Ø
Manusia,
mesin, & komputer lain
Empat Komponen Sistem Komputer
Operasi SistemKomputer
·
Peranti
I/O dan CPU dapat dieksekusi secara bersamaan.
·
Setiap
device controller bertanggung jawab
atas suatu jenis peranti tertentu.
·
Setiap
device controller memiliki buffer lokal.
·
CPU
memindahkan data dari / ke memori utama ke / dari buffer lokal
·
I/O
adalah yang berpindah dari peranti ke buffer lokal controller.
·
Device controller memberitahu CPU bahwa ia telah selesai operasi
dengan menyebabkan interrupt.
Fungsi umum interrupt
·
Interrupt
mentransfer kontrol ke interrupt service
routine, melalui interrupt vector,
yang berisi alamat dari semua rutinitas pelayanan.
·
Arsitektur
interrupt harus menyimpan alamat dari instruksi yang diinterupsi.
·
Interupsi
masuk dinonaktifkan (disabled)
sementara interrupt yang lain sedang diproses untuk mencegah lost interrupt.
·
Trap (perangkap) adalah interrupt yang dihasilkan oleh perangkat lunak yang
disebabkan oleh kesalahan atau permintaan pengguna.
·
Sistem
operasi adalah interrupt driven (dikendalikan
oleh interrupt).
Penanganan Interrupt
·
Sistem
operasi menjaga keadaan CPU dengan menyimpan register dan program counter.
·
Menentukan
jenis interrupt telah terjadi saat:
§
polling
§
vektor
interrupt sistem
·
Segmen
terpisah dari kode menentukan tindakan apa yang harus diambil untuk setiap
jenis interrupt
Interrupt Timeline
Struktur I / O
·
Setelah
I/O dimulai, kendali kembali ke user program hanya pada I / O selesai.
§
Menunggu
instruksi luang CPU hingga interrupt berikutnya § Menunggu loop
(pembuatan untuk akses memori).
§
Paling
banyak satu permintaan terhadap I/O yang beredar pada suatu waktu, tidak ada
pemrosesan I/O secara bersamaan.
·
Setelah
I/O dimulai, kendali kembali ke user program tanpa menunggu I/O selesai.
§
System
call - request ke
sistem operasi untuk mengizinkan pengguna untuk menunggu I/O selesai.
§
Device-status table berisi entri untuk setiap peranti I/O,
menentukanI tipe, alamat, dan keadaannya.
§
Sistem
operasi mengindeks I/O device table untuk menentukan status peranti dan untuk
memodifikasi tabel entry untuk memasukkan interrupt.
Dua Metode I/O
Device-Status Table
Struktur Direct Memory Access(DMA)
·
Digunakan
untuk peranti I/O berkecepatan tinggi untuk dapat mengirimkan informasi
mendekati kecepatan memori.
·
Device controller memindahkan blok data dari buffer langsung ke
memori utama tanpa intervensi CPU.
·
Hanya
satu interrupt dibangkitkan per blok, daripada satu interrupt per byte.
Struktur Penyimpanan
·
Main memory - hanya media penyimpanan besar yang mana CPU
dapat mengakses langsung.
·
Secondary storage - perpanjangan dari memori utama yang
menyediakan kapasitas penyimpanan nonvolatile besar.
·
Magnetic disk – logam kaku atau piringan ( platter) kaca
ditutupi dengan bahan magnetic recording
§
Permukaan
disk secara logis dibagi menjadi track,
yang dibagi lagi menjadi sector.
§ Disk
controller menentukan
interaksi logis antara peranti dan komputer.
HirarkiPenyimpanan
·
Sistem
penyimpanan, diorganisasikan dalam hirarki.
§
Kecepatan
§
Biaya
§
Volatilitas
·
Caching - menyalin informasi ke dalam sistem penyimpanan
cepat; memori utama dapat dilihat sebagai cache
terakhir untuk penyimpanan sekunder.
HIRARKI PERANTI PENYIMPANAN
Caching
·
Prinsip penting, dilakukan di berbagai tingkatan di komputer (di
hardware, sistem operasi, perangkat lunak)
·
Informasi
yang digunakan disalin sementara dari penyimpanan lebih lambat untuk
penyimpanan lebih cepat
·
Penyimpanan
cepat (cache) diperiksa terlebih dahulu untuk menentukan apakah informasi itu
ada atau tidak
§
Jika
ada, informasi yang digunakan langsung dari cache ( cepat )
§
Jika
tidak, data yang disalin ke cache dan digunakan di sana
·
Cache
yang lebih kecil dari penyimpanan sedang dicache
Tingkat
Kinerja Berbagai Penyimpanan v Pergerakan antara tingkat hirarki penyimpanan
dapat eksplisit atau implisit
Migrasi Integer A dari Disk ke Register
·
Lingkungan
Multitasking harus diperhatikan untuk
menggunakan nilai terakhir, di mana pun disimpan dalam hirarki penyimpanan
Lingkungan
Multiprocessor harus memberikan
koherensi cache pada perangkat keras sehingga semua CPU memiliki nilai yang
paling terbaru dalam cache mereka
·
Lingkungan
Terdistribusi (Distributed) lebih
kompleks
§
Beberapa
salinan dari data yang dapat eksis
§
Berbagai
solusi yang dibahas dalam Bab 17
Struktur Sistem Operasi
·
Multiprogramming diperlukan untuk efisiensi
§
Single
user tidak dapat menjaga CPU dan perangkat I/O sibuk setiap saat
§
Multiprogramming
mengatur job (kode dan data) sehingga selalu memiliki satu CPU untuk
mengeksekusi
§
Suatu
bagian dari total job dalam sistem disimpan dalam memori
§
Satu
job dipilih dan dijalankan melalui job
scheduling
§
Ketika
harus menunggu (untuk I / O misalnya), OS beralih ke job lain
·
Timesharing (multitasking) adalah perluasan logis di mana CPU memindah job
begitu sering sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan setiap pekerjaan
walau sedang berjalan, membuat komputasi yang interaktif
§
Waktu respon harus <1 detik
§
Tiap
user punyapaling sedikit 1 program dieksekusidlmmemori àproses
§
Jika
beberapa job siap untuk dijalankan pada saat yang sama àjob scheduling
§
Jika
proses tidak cukupdi memori,swapping bergerak
masuk dan keluar untuk dijalankan
§
Virtual memory memungkinkan eksekusi proses yang tidak
masuksepenuhnya dalammemori
Memory Layout untuk Sistem Multiprogram
OperasiSistemOperasi
·
Interrupt
dikendalikan oleh perangkat keras
·
Kesalahan
atau permintaan perangkat lunak membuat exception
atau trap
§
Contoh:
pembagian dengan nol, permintaan untuk layanan sistem operasi
·
Permasalahan
proses lainnya termasuk infinite loop,
proses memodifikasi satu sama lain atau sistem operasi
·
Operasi
Dual-mode memungkinkan OS untuk
melindungi diri dan komponen sistem lainnya
§
User mode dan kernel
mode
§
Mode bit yang disediakan oleh perangkat keras
•
Menyediakan
kemampuan untuk membedakan ketika sistem sedang menjalankan kode pengguna atau
kode kernel
•
Beberapa
instuksi didesain sebagai privileged (istimewa),
hanya dieksekusi dalam mode kernel
•
Sistem
call memgubah mode untuk kernel kembali dari call mereset
Transisi dari Mode User keKernel
·
Timer
untuk mencegah infinite loop/proses memonopoli sumber daya
§
Mengeset
interrupt tertentu setelah periode tertentu
§
Sistem
operasi mengurangi (decrement) counter
§
Ketika
nol counter menghasilkan interrupt
§
Mengatur
penjadwalan sebelum proses untuk mendapatkan kontrol atau menghentikan program
yang melebihi waktu yang ditentukan
Manajemen Proses
·
Proses
adalah program sedang dieksekusi. Merupakan unit kerja dalam sistem. Program
merupakan sebuah entitas pasif,
proses adalah suatu entitas aktif.
·
Proses
membutuhkan sumber daya untuk menyelesaikan tugasnya
§
CPU,
memori, I/O, file
§
Inisialisasi
data
·
Terminasi
proses membutuhkan pengembalian setiap sumber daya yang dapat digunakan ulang
·
Proses
Single-threaded memiliki satu program
counter menetapkan lokasi instruksi berikutnya untuk eksekusi
§
Proses
mengeksekusi instruksi secara berurutan, satu per satu, sampai selesai
·
Proses
Multi-threaded memiliki satu program counter per thread
·
Biasanya
sistem memiliki banyak proses, pengguna, beberapa sistem operasi berjalan
secara bersamaan pada satu atau lebih CPU
§
Konkurensi
oleh multiplexing CPU diantara proses / thread
Manajemen Memori
·
Semua
data dalam memori sebelum dan sesudah pengolahan
·
Semua
instruksi dalam memori untuk eksekusi
·
Memori
manajemen menentukan apa yang ada di memori saat
§
Mengoptimalkan
utilisasi CPU dan respon komputer untuk pengguna
·
Memori
manajemen kegiatan
§
Mencatat
bagian mana dari memori yang sedang digunakan dan oleh siapa
§
Memutuskan
proses mana (atau bagiannya) dan data untuk masuk dan keluar dari memori
§
Mengalokasikan
dan dealokasi ruang memori yang di l k
Manajemen Penyimpanan
·
OS
menyediakan keseragaman, pandangan logis dari penyimpanan informasi
§
Abstraksi
sifat-sifat fisik ke unit penyimpanan logis - file
§
Setiap
media dikendalikan oleh peranti ( misalnya, disk drive, tape drive )
›
Properti
bervariasi seperti kecepatan akses, kapasitas,kecepatan transfer data, metode
akses (sequential atau random)
·
Manajemen
Sistem Berkas ( File-Sistem )
§
File
biasanya diatur ke dalam direktori
§
Kontrol
akses (Access Control) pada
kebanyakan sistem untuk menentukan siapa yang dapat mengakses apa
§
Aktivitas
OS meliputi
›
Membuat
dan menghapus file dan direktori
›
Primitif
untuk memanipulasi file dan dirs
›
Pemetaan
file ke secondary storage
›
Backup
file ke media penyimpanan stabil (non-volatile)
Manajemen Penyimpanan massal
·
Biasanya
disk digunakan untuk menyimpan data yang tidak cukup di memori utama atau data
yang harus disimpan untuk periode waktu lama
·
Manajemen
yang tepat adalah sangat penting
·
Semua
kecepatan operasi komputer di subsistem disk dan algoritma
·
Aktivitas
OS
§
Manajemen
free space
§
Alokasi
penyimpanan
§
Penjadwalan
disk
·
Beberapa
penyimpanan tidak perlu cepat
§
penyimpanan
tersier meliputi penyimpanan optik, pita magnetik
§
Tetap
harus dikelola
§
Bervariasi
antara WORM (write-sekali, read-banyak-kali) dan RW (bacatulis)
Subsistem I/O
·
Salah
satu tujuan OS adalah untuk menyembunyikan kerumitan perangkat keras dari
pengguna
·
subsistem
I/O bertanggung jawab atas
§
Manajemen
memori I/O termasuk buffering (menyimpan data sementara ketika sedang
ditransfer), caching (bagian menyimpan data dalam penyimpanan lebih cepat untuk
kinerja), spooling (tumpang tindih output dari satu pekerjaan dengan input dari
pekerjaan lain)
§
Antarmuka
driver-perangkat yang umum
§
Driver
untuk perangkat keras tertentu
Proteksi & Keamanan
·
Proteksi - mekanisme untuk mengontrol akses dari proses
atau pengguna ke sumber daya yang didefinisikan oleh OS
·
Keamanan - sistem pertahanan terhadap serangan internal
dan eksternal
§
Jangkauan
besar, termasuk denial-of-service (DOS), worm, virus, pencurian identitas,
pencurian layanan
·
Sistem
umumnya pertama kali membedakan pengguna, untuk menentukan siapa yang dapat
melakukan apa
§
Identitas
pengguna (user ID, security ID n)
termasuk nama dan nomor tertentu yang berasosiasi, satu per pengguna
§
User
ID kemudian dikaitkan dengan semua file, proses pengguna tersebut untuk
menentukan kontrol akses
§
Identifier
Group (group ID) memungkinkan
kumpulan pengguna untuk didefinisikan dan kontrol yang dikelola, kemudian juga
mengaitkan dengan tiap proses, file
§
Privilege escalation (perluasan hak istimewa) memungkinkan pengguna untuk mengubah ID efektif
dengan hak-hak lebih
Lingkungan Komputasi
v Komputer tradisional
§
Menjadi
kabur seiring waktu
§
Lingkungan
Kantor
•
PC
terhubung ke jaringan, terminal melekat pada mainframe atau minikomputer
menyediakan batch dan timesharing
•
Portal
sekarang memungkinkan sistem jarak jauh dan jaringan mengakses sumber daya yang
sama
§
Jaringan
rumah
•
Dulunya
sistem tunggal kemudian modem
•
Sekarang
firewall, jaringan
Lingkungan Komputasi (lanj.)
·
Komputasi
Client-Server
§
Terminal
dungu digantikan PC cerdas
§
Banyak
sistem sekarang berupa server, merespon
request yang diberikan oleh client
›
Compute-server menyediakan antarmuka ke klien untuk meminta
layanan (misal database, web)
›
• File-server menyediakan antarmuka ke klien untuk
KomputasiPeer-to-Peer
·
Model
lain dari sistem terdistribusi
·
P2P
tidak membedakan klien dan server
§
Sebaliknya
semua node dianggap peer (rekan)
§
Masing-masing
dapat bertindak sebagai klien, server atau keduanya
§
Node
harus bergabung dengan jaringan P2P
›
Meregistrasi
layanan dengan pusat layanan pencarian pada jaringan, atau
›
Mem-broadcast
permintaan untuk layanan dan menanggapi permintaan untuk layanan melalui
protokol penemuan
§ Contohnya termasuk Napster dan Gnutella sekarang
Torrent
KomputasiWeb
·
Web
telah menjadi ubiquitous (dimana-mana)
·
PCs
menjadi perangkat yang lazim
·
Berbagai
perangkat tergabung dalam jaringan memungkinkan akses web
·
Kategori
baru peranti untuk mengatur lalu lintas web diantara server yang mirip: load balancer
·
Penggunaan
sistem operasi seperti Windows 95, clientside, telah berevolusi ke Linux dan
Windows XP, yang dapat menjadi klien dan server
0 komentar:
Posting Komentar