NEW TEMPLATE

(Mode Perbaikan / Mode Maintenance)



SEJARAH HAIKU  adalah satu-satunya sistem operasi yang mungkin dapat mengalahkan Windows dan Mac OS, dan perusahaan pembuatnya, Be, Inc., perusahaan terakhir yang berani bersaing dengan Microsoft dan Apple secara langsung.

tahun 1990, Jean Louis Gassée, kepala bagian advanced product development and worldwide marketing perusahaan komputer Apple, keluar dari Apple dan membuat perusahaan baru yang bernama Be, Inc. bersama developer Apple Newton, Steve Sakoman. Tujuan dari Be adalah membuat platform hardware baru dengan sistem operasi baru yang tidak terikat isu backwards compatibility dan dirancang untuk multiprocessing.Be pun mulai membuat prototipe platform perangkat keras mereka yang disebut BeBox. Perangkat ini berbasiskan processor AT&T Hobbit. Pada akhir 1990 hingga awal 1991,beberapa mantan pegawai Apple bergabung dengan Be. Bahkan, Benoit Schillings, salah satu key developer pengembangan BeOS, mungkin adalah satu-satunya pegawai Be yang tidak berasal dari Apple.

Sekitar tahun 1992, sistem operasi ini memiliki kemampuan multiprocessing dan multitasking, serta shell berupa command line interface tanpa dukungan grafis. Windowing system yang sudah ada umumnya terlalu kompleks sehingga akhirnya Benoit Schillings membuat windowing system sendiri, yang dioptimasi untuk kernel Be dan BeBox sehingga performanya luar biasa.Be mengadakan kontes untuk nama sistem operasi mereka, namun akhirnya tetap dinamakan Be Operating System atau BeOS.

pada 1994, AT&T menghentikan produksi processor Hobbit. Maka BeBox beserta sistem operasi yang diusungnya pun harus di-port untuk arsitektur processor yang berbeda — pilihan jatuh pada PowerPC. Pada transisi ini, Joseph Palmer seorang diri merancang BeBox dengan PowerPC berdasarkan pada PowerPC Reference Platform dan I/O System, meskipun dianggap ketinggalan zaman. Namun menurut Palmer, saat bekerja di Apple, ia menyadari bahwa yang membuat Mac banyak digunakan adalah kemudahan software, bukan rancangan hardware. Pengguna bahkan mungkin tidak menyadari adanya perubahan arsitektur. sebelum Palmer selesai membangun BeBox berbasis PowerPC. Pada waktu itu juga Brad Taylor mengimplementasikan TCP/IP stack dan perangkat FTP.
Tahun 1995, BeBox pun diluncurkan ke publik, seminggu setelah Microsoft merilis Windows 95. BeBox mendapat sambutan hangat. BeOS berjalan dengan cepat dan halus, dan bahkan memiliki kemampuan multitasking handal yang belum dimiliki Mac ataupun Windows. Mac pada saat itu bahkan belum mengimplementasikan preemptive multitasking dan protected memory. Namun pada tahun 1996 Be mulai mengalami kejatuhan. BeBox berhenti diproduksi, dan Be hanya berfokus pada software.
Pada tahun 1997, keadaan semakin buruk bagi Be. Steve Jobs tidak memperbolehkan BeOS sebagai optional install seperti dulu, dan menolak memberikan spesifikasi G3 kepada Be, sehingga Be tidak dapat membuat port BeOS yang dapat berjalan pada hardware baru Apple tersebut. Tampaknya Apple tak berani bersaing dengan Be. BeOS pun terpaksa di-porting ke Intel. Tahun 1998, Be merilis BeOS pertama yang dapat berjalan pada PowerPC maupun x86.
BeOS pun mati. BeOS dibeli oleh Palm, kemudian berpindah tangan ke Access. Sistem operasi yang berpotensi mengalahkan Mac dan Windows, kini bahkan tidak ada versi paling sederhana sekalipun yang tersedia untuk diunduh. Sejak saat itu, sistem operasi lain selain Mac dan Windows pun juga berjatuhan.
Sekarang projek BeOS dihentikan karena gagal dalam mengkomersilkan dirinya. BeOS merupakan sistem operasi yang berjalan pada arsitektur PowerPC namun pada penghujung usianya BeOS telah berhasil di porting ke platform X86 dan Haiku merupakan Projek yang betul-betul baru dan tidak memilki keterkaitan source code dengan BeOS, Haiku merupakan salah satu proyek open source, Haiku ditulis dengan C++ dengan menyediakan banyak object-oriented API. HAIKU masih dalam tahap praAlpha sehingga untuk menjalankan dibutuhkan Aplikasi Virtual seperti Qemu atau Vmware.
Haiku dikembangkan oleh komunitas pengembang sukarelawan dari seluruh dunia. Selain itu, Haiku juga ada berkat dukungan komunitas berdedikasi yang sungguh-sungguh. Haiku Inc, Sebuah organisasi nirlaba yang didirikan oleh Michael Phipps.
pada 2001 setelah BeOS dibeli oleh Palm, Inc. dan pengembangan BeOS dihentikan. Fokus pengembangan proyek OpenBeOS untuk mendukung pengguna BeOS, melalui pengganti BeOS yang kompatibel dan terbuka (opensource)
Pada 2004 nama baru dipilih untuk menghindari pelanggaran hak nama Palm. Proyek ini dikendalikan oleh Haiku Incorporated, sebuah perusahaan nirlaba di New York

Perusahaan / pengembang
: Haiku Project
Keluarga
: BeOS
Status terkini
: Alpha
Model sumber
: Free and open source software
Rilis perdana
: OpenBeOS: 2002
Rilis tak-stabil terkini
: R1 Alpha 4.1 / 12 November 2012
Target pemasaran
: Personal computer
Ketersediaan bahasa
: Multilingual
Dukungan platform
: IA-32, ARM, x86-64
Jenis kernel
: Hybrid
Antarmuka bawaan
: OpenTracker
Lisensi

: MIT License  & Be Sample Code License
Situs web resmi
: haiku-os.org 


Arsitektur BeOS
     Beberapa fitur lain dari Haiku yang dikembangkan antara lain:
»  App/Interface – Mengembangkan tampilan interface, Aplikasi dan Support kits
»  BFS – Be File System
»  Game – Game Kit dan APIs.
»  Input Server – Server yang menangani perangkat input seperti keyboard dan mouse.
»  Kernel – Inti sistem operasi
»  Media – Mengembangkan audio server beserta APIs.
»  MIDI – Mengimplementasikan protokol MIDI.
»  Network – Driver untuk perlengkapan networkbeserta API.
»  OpenGL – Dukungan OpenGL.
»  Printing – Dukungan Print-server dan driver untuk printer.
»  Screen Saver – Tampilan screen saver.
»  Storage – Mengembangkan driver untuk urusan penyimpanan data beserta driver  filesystem
»  Translation – Dukungan module driver untukfile formt yang berbeda.




Pengenalan Haiku
Haiku, sebelumnya dikenal sebagai OpenBeOS, adalah sebuah proyek sistem operasi open source untuk menciptakan Be Operating System pada komputer x86 dan PowerPC. Dimulai sebagai "OpenBeOS" pada 2001 setelah Be dibeli oleh Palm, Inc. dan BeOS tidak lagi dilanjutkan. Pada 2004 nama baru dipilih untuk menghindari pelanggaran hak nama Palm. Proyek ini dikendalikan oleh Haiku Incorporated, sebuah perusahaan nirlaba di New York.
Haiku adalah sebuah sistem operasi open source yang saat ini dalam pembangunan yang target khusus komputasi personal. Terinspirasi oleh Be Operating System, Haiku bertujuan untuk menjadi cepat, efisien, mudah digunakan, mudah dipelajari dan sangat kuat namun sistem untuk komputer pengguna dari semua tingkatan.
     Menyoroti kunci yang membedakan Haiku dari sistem operasi lain meliputi:
»  Spesifik fokus pada komputasi personal
»  Custom kernel dirancang untuk tanggap
»  Fully threaded desain untuk efisiensi besar dengan CPU multi-processor/core
»  Kaya OO API untuk pengembangan lebih cepat
»  Database-seperti sistem berkas (OpenBFS) dengan dukungan untuk diindeks metadata
»   Unified, kohesif antarmuka

Jadi HAIKU Sistem Operasi yang progresif memperkenalkan konsep-konsep dan teknologi yang kami percaya mewakili yang ideal berarti sederhana dan efisien untuk komputasi personal. Haiku adalah realisasi dari konsep-konsep dan teknologi dalam bentuk sistem operasi yang merupakan open source dan gratis.


Haiku dikembangkan oleh komunitas yang tumbuh pengembang sukarelawan dari seluruh dunia. Selain itu, juga Haiku ada berkat dukungan berdedikasi yang sungguh-sungguh dan ramah masyarakat, dan bahwa dari Haiku Inc, sebuah organisasi nirlaba yang didirikan oleh mantan pemimpin proyek Michael Phipps dengan tujuan untuk mendukung pengembangan Haiku serta pertumbuhan baik dari masyarakat dan Haiku platform.


Be OS memperkenalkan konsep progresif dan teknologi yang mewakili idealitas dari komputer dekstop. Haiku akan menjadi realisasi konsep-konsep ini dan teknologi dalam bentuk sistem operasi yang open source dan gratis.


Haiku dibuat sebagian besar oleh sukarelawan di dunia pada waktu senggang. Pengembangan Haiku dipimpin oleh Haiku Inc, perusahaan non-profit yang dibangun oleh project leader sebelumnya yaitu Michael Phipps.

     System Requirements
»  Haiku hanya bekerja on x86 systems.
»  minimal memory 128MB Dan 1GB of memory is recommended
»  Haiku dapat bekerja minimal di CPU's Pentium II 400MH
»  Membutuhkan minimal 600MB of drive space. 
OS dari BeOS atau HAIKU adalah Sistem operasi ini merupakan salah satu jenis sistem operasi yang bersifat Open Sourche. Dimana OS BeOS atau HAIKU ini pada jamannya sangat dikenal sebagai OS yang memiliki arsitektur yang kuat untuk menjalankan multimedia, mendukung multiprosesor, mendukung 64 journaling file sistem. Bukannya hanya itu saja OS ini pada masa itu mengalami perkembangan ynag sangat pesat yang dapat dilihat dari segi penggunanya. Slaah satu ketertarikan dari SOBeOS ini adalah tidak memiliki keterkaitan dengan sourche code. Dan saat itu SO BeOS ini memiliki saingan yang tidak tertandingi dari beberapa perusahann besar OS seperti MC-OS, APPLE, dan juga Microsoft Corporation hal ini merupakan suatu keistimewann sendiri bagi Jean Louis Gassée pendiri utama Be,Inc. Jean berasal dari suatu perusahaan Aplle dia keluar dari perushahaan tersebut dan membangun sebuah perusahan baru yang memberikan dampak besar dalam sejarah Sistem Operasi. Adapun Tujuan dari Be adalah membuat platform hardware baru dengan sistem operasi baru yang tidak terikat isu backwards compatibility dan dirancang untuk multiprocessing.
     Kelebihan:
»  Arsitektur yang kuat untuk multimedia
»  mendukung multiprosesor
»  mendukung 64 journaling file sistem.
»  Fokus utama pada Personal Computer
»  Kernel yang dirancang untuk lebih responsif/tanggap
»  Sepenuhnya dirancang untuk efisiensi yang tinggi dengan dukungan multi processor/Core
»  Diperkaya dengan OO API untuk pengembangan yang cepat.
»  Database, seperti Sistem File (OpenBFS) dengan dukungan Metadata terindeks
»  Terpadu, serta antarmuka yang saling terhubung
     Kekurangan:
»  Hanya dapat digunakan pada Hardware modern (BeBOX)

»  Untuk menjalankannya dibutuhkan Aplikasi Virtual seperti Qemu atau Vmware

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top