Jaringan komputer: Sebuah pendekatan open source (Bab1
(Computer networks: an open source approach)
Karya:Ying-Dar Lin (National Chiao Tung University)
Ren-Hung Hwang (National Chung Cheng University)
Fred Baker (Cisco Systems, Inc.)
Dasar-dasar
Komunikasi Data dan Jaringan Komputer
- Apa sih itu Komunikasi Data?
Komunikasi Data adalah proses pengiriman & penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device yang terhubung dalam sebuah jaringan lokal (LAN) maupun yang luas(internet)
- Apa sih itu jaringan kompuer?
Jaringan komputer adalah kumpulan bagian dari komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan.
1.Syaratan untuk Sebuah Jaringan Komputer
- Minimal ada 2 komputer/Laptop yang saling terhubung satu sama lain. Koneksinya bisa LAN, wireless, atau kombinasi keduanya.
- Ada Pengguna.
- Ada data, informasi yang dipertukarkan di dalamnya.
- Ada pemakaian bersama software, hardware.
Konektivitas :
Akses terhadap beraneka ragam informasi ‘tersedia’ dalam skala global. |
Dalam konektivitas ada 3 bagian:
1. Node : Host or Intermediary (Host atau Perantara)
2. Link :Point-to-Point or Broadcast (Point ke Point atau Broadcast)
3. Path : Routed or Switched (Mengirimkan / mengalihkan)
Skalabilitas :
kemampuan sistem untuk menangani pertumbuhan jumlah data dan concurrency (menjalan banyak proses dalam yang bersamaan) tanpa memberikan dampak pada kinerja. |
Resource Sharing:
Kita dapat berbagi seperti: koleksi, data bibliografis, pegawai, dan fasilitas. dengan pengguna lain menggunakan Jaringan (LAN) |
2.Prinsip Dasar
Ada 4 prinsip dasar (underlying principle) di dalam jaringan komputer :
1.Ukuran performa
Performa sistem yg di inginkan pengguna bergantung pada tiga hal:
(1) kapasitas perangkat keras pada sistem,
(2) beban yang berlebihan seperti data ke sistem , dan
(3) mekanisme internal atau algoritma yang dibangun ke dalam sistem ini untuk mengatasi beban yang berlebihan.
Setiap perangkat network memiliki mekanisme untuk berkomunikasi dengan perangkat network yang lain. Mekanisme pengaturan traffic, service dan lain2 dikelompokan menjadi beberapa bagian disebut “Plane”.
2.Operasi di Control Plane
Control plane bertugas untuk meng”collect” informasi mengenai rute2 untuk berkomunikasi dalam sebuah network.
Contoh: Masing2 busway memiliki rute dimana akan dia lewat untuk menuju sampai tujuan, ini seperti halnya control plane pada network. Dimana busway itu akan mengambil penumpang, dimana busway itu menurunkan penumpang, tapi sebelum itu semua sopir busway perlu tahu jalur mana dia akan mengambil dan menurunkan penumpang.
3.Operasi di Data Plane
Performa sistem yg di inginkan pengguna bergantung pada tiga hal:
(1) kapasitas perangkat keras pada sistem,
(2) beban yang berlebihan seperti data ke sistem , dan
(3) mekanisme internal atau algoritma yang dibangun ke dalam sistem ini untuk mengatasi beban yang berlebihan.
Setiap perangkat network memiliki mekanisme untuk berkomunikasi dengan perangkat network yang lain. Mekanisme pengaturan traffic, service dan lain2 dikelompokan menjadi beberapa bagian disebut “Plane”.
2.Operasi di Control Plane
Control plane bertugas untuk meng”collect” informasi mengenai rute2 untuk berkomunikasi dalam sebuah network.
Contoh: Masing2 busway memiliki rute dimana akan dia lewat untuk menuju sampai tujuan, ini seperti halnya control plane pada network. Dimana busway itu akan mengambil penumpang, dimana busway itu menurunkan penumpang, tapi sebelum itu semua sopir busway perlu tahu jalur mana dia akan mengambil dan menurunkan penumpang.
3.Operasi di Data Plane
Melakukan router (memetakan kemana paket akan dikirim) atau switch, dimana paket tersebut bukan ditujukan atau bukan berasal dari router itu sendiri, dengan kata lain router itu hanya dilalui paket untuk diteruskan ke tujuan.
Contoh: Setelah semua router tahu mengenai route mana yang akan dilewatinya menuju destination, disinilah fungsi dari data plane untuk menentukan bagaimana “reaksi” atas paket yang akan diterima atau dilewatkan.
4.Interoperabilitas
Interoperabilitas adalah kapabilitas//* dari suatu sistem yang antar mukanya diungkapkan sepenuhnya untuk berinteraksi dan berfungsi dengan produk atau sistem lain, kini atau di masa mendatang, tanpa batasan akses atau implementasi.
//* = tidak sebatas memiliki keterampilan skill saja namun lebih dari itu, yaitu lebih paham secara mendetail sehingga benar benar menguasai kemampuannya dari titik kelemahan hingga cara mengatasinya.
4.Interoperabilitas
Interoperabilitas adalah kapabilitas//* dari suatu sistem yang antar mukanya diungkapkan sepenuhnya untuk berinteraksi dan berfungsi dengan produk atau sistem lain, kini atau di masa mendatang, tanpa batasan akses atau implementasi.
//* = tidak sebatas memiliki keterampilan skill saja namun lebih dari itu, yaitu lebih paham secara mendetail sehingga benar benar menguasai kemampuannya dari titik kelemahan hingga cara mengatasinya.
3. Arsitektur Internet
Solusi - solusi untuk konektivitas :
- Routing: Stateless and Connectionless
- The End-to-End Argument
- The Four-Layer Protocol Stack
- Subnet
- Autonomous System (AS)
- Common Best-Effort Service: IP
- End-to-End Congestion Control and Error Recovery: TCP
- Control-Plane and Data-Plane Operations : Control-Plane Operations adalah seperti yg saya jelaskan di atas yaitu bertugas untuk meng”collect” informasi mengenai rute2 untuk berkomunikasi dalam sebuah network.
Contoh: Masing2 busway memiliki rute dimana akan dia lewat untuk menuju sampai tujuan, ini seperti halnya control plane pada network. Dimana busway itu akan mengambil penumpang, dimana busway itu menurunkan penumpang, tapi sebelum itu semua sopir busway perlu tahu jalur mana dia akan mengambil dan menurunkan penumpang. - Data-Plane Operations adalah Melakukan router (memetakan kemana paket akan dikirim) atau switch, dimana paket tersebut bukan ditujukan atau bukan berasal dari router itu sendiri, dengan kata lain router itu hanya dilalui paket untuk diteruskan ke tujuan.
Contoh: Setelah semua router tahu mengenai route mana yang akan dilewatinya menuju destination, disinilah fungsi dari data plane untuk menentukan bagaimana “reaksi” atas paket yang akan diterima atau dilewatkan. 4. Implementasi Open Source
4. Implementasi Open Source
- Software Architecture in Linux Systems
- Proses Model
- Kernel Linux
- Clients dan Daemon Server
- Interface Drivers
- Kontrol Device
5. Book Roadmap: Kehidupan Paket
- Paket Data struktur: sk_buff
- Kehidupan Paket di Web Server
- Kehidupan Paket di Gateway Note: Maaf pak yg bagian kurang lengkap memang kurang mengerti jadi di tulis juudul aja
0 komentar:
Posting Komentar