NEW TEMPLATE

(Mode Perbaikan / Mode Maintenance)



Masalah dalam Sinkronisasi bisa dibedakan menjadi 3 yaitu :
  1. Bounded – Buffer Problem
  2. Readers and Writers Problem
  3. Dining Philosophers Problem
  1. Bounded – Buffer Problem
              struktur data yang mampu untuk menyimpan beberapa nilai dan mengeluarkannya kembali ketika diperlukan . Jika dianalogikan bounded buffer ini akan mirip dengan sebuah tumpukan piring. Kita menaruh piring dan menaruh lagi sebuah piring, ketika ingin mengambil piring maka tumpukan yang paling atas yang akan terambil.Jadi piring terakhir yang dimasukan akan pertama kali diambil.
  2. Readers and Writers Problem
              Problem yang memodelkan proses yang mengakses database. Masalah ini timbul ketika ada dua proses atau lebih berbagi data yang sama. Data yang dimaksud disini bisa berbentuk buffer, file atau objek dari suatu program
  3. Dining Philosophers Prolem
          Permasalahan dining-philosophers digambarkan pada Gambar 5-2 dimana terdapat 5 filosof yang akan makan. Di sana disediakan 5 supit. Jika filosof lapar, ia akan mengambil 2 supit yaitu di tangan kanan dan kiri. Namun adakalanya hanya diambil supit satu saja. Jika ada filosof yang mengambil 2 supit, maka ada filosof yang harus menunggu sampai supit tersebut diletakkan. Hal ini dapat diimplementasikan dengan wait dan signal.


    • Contoh Kasus Dining – Philosophers Problem
                          Pada sebuah computer tentunya terdapat aplikasi-aplikasi yang dapat memudahkan kita untuk melakukan suatu pekerjaan. Namun disamping kemudahan yang diberikan, terdapat ancaman negative yang dapat aplikasi-aplikasi itu berikan pada computer kita jika kita tidak menggunakannya dengan benar. Suatu contoh ketika kita mengerjakan suatu tugas. Kita membuka dan menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan. Aplikasi yang kita gunakan misalnya ms. Word (membuka 6 file word sebagai sumber tugas), winamp untuk memainkan lagu, firefox untuk browsing internet, pidgin untuk sesekali chating, sementara itu aplikasi start up yang berjalan juga banyak dan RAM yang tersedia tidak begitu besar sehingga hal ini akan membuat computer menjalankan aplikasi itu terus-menerus jika kita tidak mematikannya. Hal ini akan membuat computer berjalan semakin lambat dan memungkinkan terjadinya starvation atau deadlock dalam beberapa waktu kemudian.
PERBEDAAN DARI 3 PROSES :
  1. Bounded buffer                      : Menggunakan buffer dengan ukuran tertantu
  2. Readers and Writers Problem  : adanya dua proses atau lebih berbagi data yang sama. (Data yang dimaksud disini bisa berbentuk buffer, file atau objek dari suatu program)
  3. Dining – Philosophers Problem : karena masih ada wait dan signal yang sudah di jelaskan di atas

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top