NEW TEMPLATE

(Mode Perbaikan / Mode Maintenance)

1. Microsoft Visio

Microsoft Visio (biasanya sih disebut Visio) adalah sebuah program aplikasi yang sering digunakan untuk membuat diagram, diagram alur (flowchart), brainstorm, dan skema jaringan yang dirilis oleh Microsoft Corporation. Aplikasi ini menggunakan grafik vektor untuk membuat diagram-diagramnya.
Visio aslinya bukanlah buatan Microsoft Corporation, melainkan buatan Visio Corporation, kemudian di beli oleh Microsoft pada tahun 2000. Versi yang telah menggunakan nama Microsoft Visio adalah Visio 2002, Visio 2003, dan Visio 2007 yang merupakan versi terbaru. Visio 2007 Standard dan Professional menawarkan antarmuka pengguna yang sama, tapi seri Professional menawarkan lebih banyak pilihan template untuk pembuatan diagram yang lebih lanjut dan juga penataan letak (layout). Selain itu, edisi Professional juga memudahkan pengguna untuk mengoneksikan diagram-diagram buatan mereka terhadap beberapa sumber data dan juga menampilkan informasi secara visual dengan menggunakan grafik.

Ms. Visio :

  1. Tools-tools nya sangat mudah dipahami
  2. Cara penggunaannya yang mudah
  3. Lebih banyak pilihan gambarnya
  4. Gambar 3D cukup menarik
  5. Bisa di tambah dengan add-ins

Kekurangan dalam Ms.Visio:

  1. Instalasi yang rumit
  2. Sedikitnya tutorial visio
  3. Software tidak gratis


2. Visual Paradign

Visual Paradigm merupakan suatu software model dengan system visualisasi yang digunakan untuk membuat desain UML (Unified Modeling Language) atau bisa juga di artikan sebuah software model dengan system visualisasi memungkinkan model yang telah dibuat dapat digunakan sebagai representasi proyek-proyek lain dilengkapi dengan beberapa fitur yang ada didalamnya sampai pada menganalisa sebuah proyek yang akan dikerjakan.

Kelebihan dari  Visual Paradign:

  1. Cross-platform Windows, Linux, Mac OS.
  2. Mudah dalam penggunaan. Pada saat pembuatan project baru, sudah terpampang tools serta macam-macam diagram UML.
  3. Adanya feature reverse engineering
  4. Interoperability. Hasil project dari software UML lain dapat dibuka di Visual Paradigm.
  5. Adanya error checker. Apabila diagram belum sesuai standar UML, Visual Paradigm akan langsung membut garis merah pada diagram.

Kekurangan dari Visual Paradign:

  1. Aplikasi ini tidak dapat men-generate code dari pemodelan yang telah dibuat (versi Community Edition). 
  2. Membayar aplikasi ini menjadi versi professional untuk dapat menggunakan fitur tersebut.

3. Enterprise Architect

Enterprise Architecture merupakan pengorganisasian proses bisnis dan infrastruktur teknologi informasi yang diintegrasikan dan distandarisasi tergantung kepada visi misi dan model operasional perusahaan. Biasanya sih ini di gunakan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi bisnis dari perusahaan itu sendiri.

Kelebihan dari Enterprise Architect :

  1. Mampu menghasilkan perbedaan view points
  2. Telah digunakan secara luas
  3. bisa diakses secara publik
  4. dukungan penuh terhadap technology architecture

Kekurangan dari Enterprise Architect:

  1. Bukan untuk operasional
  2. Butuh spesialisasi
  3. Susah untuk diadopsi untuk project yang pendek.
  4. Terlalu fokus pada aspek teknologi

4. Bizagi Process Modeler

Yang satu ini logonya kayak Sony PlayStation PS1 pas booting yak :v santai" dia gk makek logonya PS 1 kok :D Oke Oke balik ke pokok pembahasan.

Bizagi Process Modeler Merupakan aplikasi pemodelan proses bisnis dan alat dokumentasi yang berfungsi untuk menampilkan secara visual diagram , model dan dokumen proses bisnis dalam industri - standar BPMN (Business Process Model Notasi).

Kelebihan Bizagi Process Modeler :

  1. salah satu aplikasi yang gampang / mudah di gunakan
  2. Harganya yang tidak terlalu mahal dengan aplikasi berbayar yang serupa dengannya
  3. Bizagi menyebarkan model bisnis yang mengganggu. Perusahaan tersebut menawarkan perangkat lunak freemium sebelum istilah tersebut diluncurkan kembali pada tahun 2008. Baik Model Bizagi, untuk desain kolaboratif dan dokumentasi model proses (sekarang lebih dari 4 juta unduhan), dan Bizagi Studio, untuk mengotomatisasi jumlah proses yang tidak terbatas ini. Model ke dalam aplikasi proses hingga 20 pengguna nonproduksi, dapat didownload secara gratis. Bila siap dikembangkan untuk produksi, lisensi berbasis nama pengguna diterapkan.

Kekurangan Bizagi Process Modeler :

  1. Susah untuk menetapkan pedoman tata kelola proses atau pusat kompetensi proses bisnis yang kuat (BPCC). Tetapi, pelanggan telah mengatasinya dengan Bizagi menyediakan layanan dokumentasi dan konsultasi untuk membantu pelanggannya menciptakan pusat kompetensi proses digital untuk memungkinkan tujuan transformasi digital yang lebih luas.
  2. tidak memiliki beberapa kemampuan untuk menghadirkan kontrol kasus yang rumit seperti kemampuan manajemen kasus yang superior dan pengalaman pengguna yang kontekstual.
  3. Dibandingkan dengan vendor iBPMS terkemuka, Bizagi menawarkan salah satu produk yang kurang cerdas dalam evaluasi ini. Ini hanya mendukung dimensi minimal yang dibutuhkan dari Kerangka Kerja Proses Bisnis IQ Gartner.

5. ARIS Express

ARIS Express adalah alat pemodelan yang gratis untuk analisis proses bisnis dan manajemen, ARIS Express awalnya dikembangkan oleh IDS Scheer, yang dibeli oleh Software AG pada bulan Desember 2010. Alat ini disediakan sebagai freeware pada halaman web ARIS Community.

Kelebihan ARIS EXPRESS :

  1. Alat sempurna untuk pengguna dan pemula sesekali dalam Business Process Management
  2. Antarmuka pengguna intuitif - pemodel dapat bekerja secara produktif sejak awal
  3. Model untuk struktur organisasi, proses, sistem aplikasi, data, dan lainnya
  4. Materi pelatihan gratis tersedia di ARIS Community
  5. Semua hasil dapat digunakan kembali dan ditingkatkan dalam produk Platform ARIS profesional

Kekurangan ARIS Express :

  1. Terjadi masalah saat mencoba terhubung ke akun Komunitas Aris saat menyiapkan ARIS Express. 
  2. Terdapat pesan kesalahan yang menyatakan bahwa pengaturan proxy tersebut salah.
  3. Express tidak akan mendaftar Melihat FAQ yang Anda tautkan

6. Altova

Altova adalah perusahaan pengembang perangkat lunak komersial dengan kantor pusat di Beverly, MA, AS dan Wina, Austria yang menghasilkan perangkat pengembangan perangkat lunak XML, database, UML, dan pengembangan data terpadu.

Altova didirikan pada tahun 1992 sebagai perusahaan perangkat lunak pengembangan XML.CEO dan presiden sekaligus penemu Altova adalah Alexander Falk

Kelebihan Altova :

  1. Desainer skema grafis
  2. pembuatan kode
  3. konverter file
  4. debugger
  5. dan profiler untuk bekerja dengan XSD, XSLT, XQuery, XBRL, JSON, dan banyak lagi.
  6. memungkinkan untuk layanan Web tanpa diperlambat oleh tantangan.
  7. layanan Web yang efektif dengan peningkatan standar-kesesuaian dan kualitas kode. 

Kekurangan Altova :

  1. pemetaan ini hanya bekerja jika Anda mengetahui jumlah kolom di tabel sumber Anda.

7. Activiti

Activiti adalah Business Process Management yang telah teruji. Organisasi di seluruh dunia bergantung pada platform open source dalam berbagai situasi yang menuntut. Ini mendukung standar terbuka dengan BPMN dan DMN sehingga Anda dapat membuat proses yang sesuai dengan Anda.

Activiti adalah alur kerja sumber terbuka yang ditulis di Jawa yang dapat menjalankan proses bisnis yang dijelaskan di BPMN 2.0. Activiti adalah yayasan untuk Alfresco's Alfresco Process Services (APS) dan Alfresco adalah sponsor utama Activiti project.

Kelebihan Activiti :

  1. menempatkan kekuatan BPM di tangan pengembang dengan API praktis.
  2. mendukung standar terbuka seperti BPMN dan DMN dengan API REST terbuka untuk proses manusia dan sistemik yang paling menuntut.

Kekurangan Activiti :

  1. pengalaman alur kerja mereka dengan jBPM, namun merupakan basis kode baru, tidak berdasarkan kode jBPM sebelumnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top