NEW TEMPLATE

(Mode Perbaikan / Mode Maintenance)

1. Seperti apa proses dalam Sistem Operasi? 



keadaan ketika sebuah program sedang di eksekusi. Saat komputer berjalan, terdapat banyak proses yang berjalan secara bersamaan. Sebuah proses dibuat melalui system call create-process yang membentuk proses turunan ( child process) yang dilakukan oleh proses induk ( parent process). Proses turunan tersebut juga mampu membuat proses baru sehingga semua proses ini pada akhirnya membentuk pohon proses.
2. Apa perbedaan antara stack dan heap?

Stack : salah satu bagian yang di gunakan untuk menyimpan data-data atau variable yang penglamatan memorinya telah dilakukan saat kompilasi.
Heap : area memori yang di gunakan untuk alokasi secara dinamis.
3. Apa yang dimaksud Process Control Block (PCB), dan apa perbedaannya dengan Thread? 
Process Control Block (PCB) : informasi-informasi yang di perlukan sebuah sistem operasi untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan beragam proses yang aktif.
Thread                   : prinsip yang memperbolehkan sebagian dari program untuk berjalan secara independen denga sebagian program lainnya.
4. Jelaskan apa perbedaan unbounded-buffer dan bounded-buffer? 
Unbounded-buffer : tidak menggunakan batasan di buffer
Bounded-buffer : Menggunakan buffer dengan ukuran tertentu
5. Definisikan apa itu Remote Procedure Calls? 
Remote Procedure Call : suatu protocol yang menyediakan suatu mekanisme komunikasi antar proses yang mengijinkan suatu progam untuk berjalan pada suatu computer tanpa terasa adanya eksekusi kode pada sistem yang jauh.
6. Apa itu Batch dan seperti apakah proses System Calls? 
Batch           : File teks yang berisi serangkaian perintah yang mungkin biasanya paling umum adalah untuk memulai menggunakan program dan menjalankan program.
Proses System Calls : Menuliskan suatu program sederhana untuk membaca suatu file ke file lainnya



7. Apa yang dimaksud shell pada sistem operasi Linux, dan jelaskan perbedaan antara Shell dan Kernel?
shell pada linux : program (penterjemah perintah) yang menjembatani user dengan sistem operasi dalam hal ini kernel (inti sistem operasi), umumnya shell menyediakan prompt sebagai user interface, tempat dimana user mengetikkan perintah-perintah yang diinginkan baik berupa perintah internal shell (internal command), ataupun perintah eksekusi suatu file progam (eksternal command), selain itu shell memungkinkan user menyusun sekumpulan perintah pada sebuah atau beberapa file untuk dieksekusi sebagai program
Shell          : satu unit masukkan untuk interface pemakai untuk berinteraksi dengan satu sistem operasi. Shell adalah lapisan dari program yang mengerti dan melaksanakan perintah satu masukan dari user. 
Kernel          : merupakan suatu inti yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi. Tugasnya melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer.
8. Apakah Windows juga mempunyai shell? 2. Sebutkan 20 perintah shell yang banyak digunakan untuk mengelola sistem operasi Linux! 
Windows tidak mempunyai shell karena shell hanya terdapat pada linux.
Perintah shell pada Linux : 
1. exit                        11. fg
2. cd                          12. bg
3. mkdir                   13. ls
4. clear                     14. mv
5. pwd                      15. cp
6. logout                  16. rm
7. rmdir                   17. more
8. chmod                 18. chown
9. times                   19. cat
10. umask               20. echo
9. Apa yang anda ketahui tentang Mach dan Debugging? 
Mach             : Sebuah metode sistem operasi kernel yang dikembangkan di Carnegie Mellon University untuk mendukung penelitian sistem operasi, terutama komputasi terdistribusi dan paralel. Ini adalah salah satu contoh awal dari sebuah mikrokernel . derivatif nya adalah dasar dari kernel sistem operasi modern di Mac OS X dan GNU Hurd .
 Debugging : Metode yang di lakukan oleh programmer dan pengembang perangkat lunak untuk mencari atau mengurangi bug pada sebuah program sehingga dapat bekerja sesuai keinginan.
10. Apa perbedaan bootstrap program, bootstrap loader, dan boot block? 
Bootstap program :  kode yang di simpan di code ROM yang dapat menempatkan kernel, memasukkannya ke dalam memori lalu mengeksekusinya.
Bootstrap Loader : Sebuah program yang cukup sederhana untuk di panggil secara manual
Boot block  : Sejenis Emergency BIOS untuk melakukan flash ulang BIOS. Dan biasanya  muncul saat BIOS gagal untuk melakukan start.

Note: nama,nim,sama jurusan ada d file docx ya pak ^^

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top